ABOUT

ABOUT

Thursday, December 23, 2010

Pencarian Sepatu untuk Ibu Suri

taken from my journal.. on  221210, Wed'

Hari ibu. Gue pengen banget ngelakuin sesuatu untuk nyokap gue. Well, gue emang sering ngasih surprise buat nyokap, jadi untuk surprise kecil gue kali ini, gue nggak terlalu yakin bisa dapet respon heboh dari nyokap seperti dulu-dulu. Lagi pula ini cuma, 'you know' surprise kecil. But, well, gue bisa jamin, walaupun kecil dan sepele, seenggaknya ini bisa bikin nyokap gue, yah...minimal: 'senyum'.

Sekitar pukul 00.00 dini hari, gue udah sibuk mainin pensil dibuku gambar gue. Sebenernya, ide surprise itu juga baru tercetus waktu gue nggak sengaja ngeliat buku gambar gue yang lagi nganggur dimeja. Kurang lebih sekitar jam2pagi, nyokap masuk ke kamar gue. Buru-buru gue umpetin gambar gue dibalik bantal. Nyokap ngomel-ngomel gara-gara gue masih melek dan gue disuruh tidur Gue cuma nyengir. Nggak lama nyokap keluar dari kamar, gue buru-buru lanjut nge-gambar. Well, karena gue nggak jago gambar, jadi prosesnya bener-bener makan waktu. Kurang lebih sekitar jam4pagi, gue udah give up gara-gara mata gue udah perih parah kelamaan melek dan kondisi badan gue yang udah gak memungkinkan, efek kalo gue kelewat capek/tepar ---meriang+vertigo.

Jam5pagi kurang, gue dibangunin buat sholat. Saking teparnya, sholat aja gue sambil merem!Hahahaha...abis itu gue lanjut tidur. Bangun-bangun jam7pagi, mandi, abis itu langsung lanjut gambar. Well, hasilnya emang nggak se-perfect orang yang udah pro, tapi...'not bad'-lah! Hahaha... Selain gambar, gue juga bikin sedikit kata-kata yang well, hampir bisa dikatakan mendekati puisi..hahaha..

Abis dzuhur gue langsung cabut dari rumah buat hunting kado. Dan gue tau banget apa hal yang paling dipengenin nyokap gue kali ini. SEPATU! Hahahaha...asalnya kakak gue yang mau beliin dia sepatu, tapi udah ngubek bandung nggak dapet-dapet sepatu yang dipengenin nyokap. Nyokap lagi pengen banget sepatu selop (sepatu yang depannya ketutup tapi belakangnya ke buka) tanpa tali, warna item, ujungnya harus lancip tapi nggak boleh yang terlalu lancip, modelnya simple tapi nggak terlalu polos-polos banget, yang ada haknya tapi haknya nggak boleh tinggi dan panjang haknya nggak boleh lebih dari lima centi. Hahaha...Akhirnya kakak gue pun memutuskan untuk beliin tas. Misi pencarian sepatu itu gue ambil alih. Sebelum berangkat hunting, gue tanemin ke diri gue: 'POKOKNYA HARI INI HARUS DAPET!!!!'


Sebenernya, gue udah lama mau beliin nyokap sepatu idamannya itu. Kalo pas kebetulan lagi jalan-jalan ke mall sama temen-temen gue, biasanya gue suka searching searching, tapi nggak pernah nemu sepatu yang nyokap pengenin. Kalo pun ada, pasti kalo nggak hak-nya ketinggian, nomernya kekecilan, atau modelnya bukan nyokap banget. Hahaha... Beberapa hari sebelumnya udah sempet hunting juga, tapi tetep nggak nemu. Temen gue nyaranin gue buat nyari di pasar baru. Then, berangkatlah gue ke sana naek busway dengan ditemenin temen gue si utung. Dan kali ini gue bersyukur banget-banget karena hari ini gue nggak pake heels! Sumpah nggak kebayang, gue ngantri+gelantungan di busway berjam-jam pake heels! Hahaha..Perjalanan dari rumah ke pasar baru (udah termasuk lama ngantri) kurang lebih makan waktu 2jam lebih.

Kurang lebih sekitar dua jam gue hunting disana, tapi hasilnya 'NOL'!! Gokil! Segitu banyaknya toko, cuma tiga toko aja yang jual selop yang mendekati kemauan nyokap! Itupun gue nggak jadi beli, gara-gara: ditoko pertama 'cuma ada warna cream', ditoko kedua 'nggak ada ukuran', ditoko ketiga 'haknya tinggi bener!!!(Bisa somplak kaki nyokap gue kalo pake itu!Hahaha) plus ukurannya nggak ada'! Hahaha... Anjjjrrrr*t, udah jauh-jauh, pegel-pegel, ujan-ujan, perut keroncongan dari pagi, nggak dapet juga!!!! Ujung-ujungnya malah gue yang dapet!Hahaha...Btw, namanya pasar, tapi kenapa harga sepatunya nggak jauh beda sama harga mall yah?? Di mall gue liat yang gue beli hampir 300rb, di pasar baru harganya sekitaran segitu juga, pun harga pas! Hahaha... Amit-amit!!!

Karena perut udah keroncongan abis, kita langsung cabut ke kota tua. Well, sebenernya gue janjian sama temen gue ke kota tua dari awal buat foto-foto (hahaha), bukan ke pasar baru. Tapi untungkah dia mau mengerti! Hahaha...Kurang lebih sekitar jam 4lebih, kita sampai di kota tua (pun dengan bus way).

Di kota tua, kita nggak langsung makan, gara-gara temen gue maksa pengen foto bareng dengan jasa fotografer jalanan, yang hasilnya bisa langsung edit-print. Awalnya gue males. Gue nggak biasa di foto orang yang baru gue kenal, pasti ekspresi gue nggak akan keluar dan hasilnya pasti nggak bagus!! Tapi, berkat bujuk rayu temen gue, dan gue pikir 'well, nggak ada salahnya', akhirnya gue setuju. But, well..hasilnya ternyata nggak jelek-jelek amet! Hahaha...Yah, walaupun, ekspresi gue agak maksa (kayak yang tadi gue bilang). Nih, hasil jepretan jasa fotografer jalanan itu, hahaha:


Abis bayar foto, gue ngotot ke temen gue, musti wajib nyari makan. Gue kelaaaapeeeraannn dari pagi belom makan dan bentar lagi udah mau magrib, maag gue udah nyut-nyutan!! Dodolnya, tempat makan udah pada tutup, yang ada tinggal cafe doang, cuma karena penuh, akhirnya nggak jadi makan di cafe gara-gara nggak kebagian tempat! Ujung-ujungnya, nyeduh pop mie di minimarket!!! Hahaha... Cacat bener dah! Barang nggak dapet, makan nggak dapet!! Well, tapi segala sesuatunya harus disyukurilah, minimal gue nggak keabisan ide buat ganjel perut. Hahaha...


Well, sebenernya ada yang jual makanan gerobakan sih disana, dipinggir jalan gitu. Awalnya gue pikir, mau makan disana aja, yah walaupun tempatnya nggak kondusif, dipinggiran jalan pula, plus kurang hygiene, tapi lumayanlah daripada kelaperan. Well, gue sih santai, makan dimana aja jadi, tapi, masalahnya temen gue nggak mau makan dipinggiran! Hahaha...ribet bener dah ah! Itu juga awalnya dia nggak mau gue ajak makan pop mie seduh, tapi, diem-diem gue beliin aja, nggak tega gue, pasti dia juga sama lapernya kayak gue, well, walaupun tadi siang dia udah sempet makan nasi. Lucunya, ujung-ujungnya mau juga dia makan pop mie seduh yang gue beliin tadi! Hahaha...Daripada nggak ada kali yah! Hahaha

Kelar nganjel perut, sebelum pulang, lanjut foto lagi..Hahaha...mumpung spotnya lumayan oke!! Hahaha... Here it is:



Karena udah magrib, kaki udah pegel mampus, badan udah capek, dan temen gue udah ditelfonin sang pacar, akhirnya kita pulang. Nah, pas perjalanan pulang (masih di kota tua), gue ngeliat ada dua orang bapak-bapak berjejer duduk dikelilingin anak-anak muda. Tukang ramal, ternyata! Karena gue penasaran, gue iseng aja nyamperin. Terus gue diramal. Pinternya, sebelum diramal gue nanya dulu berapa tarifnya. Dia bilang, bayarnya seikhlasnya, sepuluh ribu juga boleh. Well, gue pikir, uang segitu masih masuk akal lah! Then, gue pun setuju buat diramal.

Si tukang ramal itu ngeliatin telapak tangan kiri gue, terus dia bilang gue itu: punya jiwa kepemimpinan, kelak karir gue sukses kalo gue berusaha (yah, itu juga ane tau bang! Kalo pake usaha mah! hadeh..), gue sering dijadiin pengayom atau semacamnya untuk orang-orang disekitar gue (well, kalo yg itu emang bener), ibadah gue rajin, gue disuruh rajin-rajin doain orang tua (lah, itu mah tiap hari bang...gak perlu disuruh!ckckck), ada kemungkinan pas gue kerja penempataannya bakalan jauh diluar kota (hahaha...kalo yang MT gue ini di acc, mungkin bener, gue bakal jauh! Tau deh bener pa nggak!), Dan yang paling cacat, gue dibilang: 'JANGAN PLAYGIRL LAGI!' (sebenernya, itu hal pertama yang dia sebutin waktu pertama kali liat telapak tangan gue) dan dia ngulang kalimat itu lebih dari tiga kali, bahkan disaat gue cabut dari sana! Hahaha.... Ngeselinnya, temen gue, cuma cengar-cengir doang, sambil bilang 'tuh, ra dengerin!!!'...anjjrrr*t!!!! Hahaha...kena gue!

Si tukang ramal juga nambahin, dia bilang: sebenernya banyak yang mau sama gue, tapi gue nya nggak pernah serius. Giliran cowoknya ngedeket, gue nya ngejauh, ngilang gitu aja. Gue juga disuruh jangan suka maenin hati cowok lagi. Dan lagi-lagi dia bilang 'PLAYGIRL kamu tuh harus diilangin!'...Hadehh...

Dia juga bilang, meskipun gue player, tapi gue lebih sering makan hatinya, soalnya giliran gue udah serius sama cowok, eh malah cowoknya yang nggak serius. Dia bilang tiap kali gue serius sama cowok, pasti ujung-ujungnya gagal. (Berarti secara nggak langsung, gue emang nggak cocok bang, serius buat serius! hahaha). dia juga nambahin, semua yang kita dapetin itu buah hasil dari yang kita kerjain, dan lagi-lagi dia bilang, 'makannya ilangin tuh playgirlnya!'...Hahaha...nggak enak banget dah ujungnya!

Then, gue nanya soal jodoh. Kapan dan gimana jodoh gue. Eh, dia malah bilang: kalo jodoh kamu, masih belum keliatan. Kamu harus sering-sering sholat, minta sama Allah, berdoa, minta petunjuk sama Allah, rajin-rajin berdoa. (Jiaaaaaaaaaaaaahhh........minta dikeplak nih abang-abang, hahaha...itu mah gue juga tau, nggak perlu pake diramal, tiap hari gue selalu berdoa sama Allah begitu! Hahaha..ampun deh nih orang!!!)

Then, dia pun mulai baca-bacain gue dan temen gue doa (temen gue yang awalnya nggak tau apa-apa dan nggak mau ikut-ikutan, akhirnya ikut diramal juga, gara-gara si tukang ramal spontan ngebaca tangannya). Dan, diakhir doa, ternyata gue baru sadar kalo gue nggak cukup pinter!!! YOU KNOW WHAT??? si tukang ramal itu, narifin kita 99900 untuk jasa ramalnya!!! HAHAHAHAHA...temen gue yang saat itu emang nggak niat diramal dan punya pikiran yang sama kalo kita 'cuma hanya akan ngeluarin 10rb' untuk kegiatan iseng kita ini, dibuat syock abis-abisan begitu denger nominal fee yang harus dia keluarin, karena faktanya duitnya cuma tinggal 80rb, itupun harusnya 50rb'nya buat sangu kuliah dia besok, jadi bisa dibilang sisa budget yang dia punya untuk hari ini cuma 30rb, maksimal! Dan ternyata bukan dia doang yang dibikin cengo! Tapi gue juga (dan gue yakin lima orang anak muda yang lagi diramal jamaah, disamping gue sama syocknya kayak gue!!! Hahaha...), ya iyalah, gimana enggak, tadi dia bilang bayarnya seikhlasnya (dari awal gue udah negasin pertanyaan soal fee sampai 3x, dan dia jawab dengan jawaban yang sama, 'seikhlasnya, 10rb juga gak papa'), tapi, diakhir-akhir, kita diminta bayar 99900!!! Hahaha....Gue nyengir mampus!!! Pengen ngakak! Sepertinya kali ini gue beneran ketipu! Well, akhirnya, negosiasi sih, ujung-ujungnya kita kena 30rb..gue sih ikhlas, anggep aja sodaqoh, tapi, enggak buat temen gue. Duh...kasian bener sih nih bocah, udah kelaperan, uang 30rb yang niatnya buat beli makan malem eh malah raib buat hal yang nggak jelas! Hadehh...

Karena dari tadi gue yang bayarin ongkos+dll, niatnya dia yang mau bayarin ongkos pulang gara-gara nggak enak gue bayarin terus, tapi karena gue nggak tega, akhirnya gue ongkosin aja, abis mukanya melas banget! Kasian bener dah ah nih anak!Hahaha...

Sepanjang jalan pulang, mulai dari ngantri nunggu bus way sampai gelantungan di dalem busway selama sejam lebih, masih aja tuh anak ngebahas soal tukang ramal tadi. Hahaha...dan respon gue selalu sama: 'Yang ikhlas, ta!! Ikhlas, legowo! Anggep aja sodaqoh! InsyaAllah kalo loe ikhlas, rejeki loe bakalan diganti sama Allah!'. Baru deh dia diem, tapi nggak lama diem, masih aja dibahas lagi. Hahaha....

Hadeh...kaki gue rasanya mau copoooooottt!!! Pun masih harus gelantungan! Mau naek taxi, udah nunggu lama nggak dapet-dapet. Hadeh....Mamah, mamah, kalo aku nggak sayang sama mamah, mending tidur mah! Hadeh....sayaaaang banget sih gue sama nyokap, sampe bela-belain badan rontok! Hahaha...

Butuh istirahat, butuh tidur!!! Capeekkk!!! Saking capeknya, makan aja udah nggak mikirin walaupun maagnya udah nyakar-nyakar! Yaa Allah, kalo bisa duduk enak banget nih, minimal, pegel gue berkurang! Sumpah, kaki kayak mau copoooottt!!!! Then, gak tau gue yang lagi beruntung atau Allah lagi kasian sama gue, tiba-tiba gue ngeliat ada satu kursi kosong. Awalnya gue mau langsung duduk disitu, tapi, ngeliat temen gue yang 'keliatannya sama capeknya' (hahahaha), akhirnya gue nyuruh temen gue yang duduk disitu. Well, pegel gue masih berasa sih, tapi masih bisa ditahanlah.

Sampai dihalte pemberhentian terakhir, di PGC. Gue nyoba hunting lagi disana. Alhamdulillah dapet! Hahaha...Tau gitu dari tadi aja nyari disini, nggak perlu jauh-jauh ke kota! Padahal nih tempat dari rumah gue deket banget, perjalanannya cuma 10menit kalo naek roda empat dari rumah gue! Hahaha...

Setelah seluruh perjalanan yang melelahkan, nggak jelas, berantakan, penuh pengalaman ajaib, penuh emosi dan cobaan, kelaperan+dll, ujung-ujungnya malah dapet barangnya dideket rumah. Hahaha... Yah, apapun itu musti disyukurilah! Alhamdulillah, misi pencarian gue berhasil walaupun, 'LAST MINUTE'. Yaa iyalah, pas gue mau beli, toko itu udah beres-beres mau tutup. Dan tuh sepatu tinggal satu-satunya, baik warna dan ukuran, dan cuma ada disatu tokoh itu. Gokilnya, harganya bikin gue melotot, gara-gara dompet gue udah tiris. Hahaha... Sekitar 300rb'an! Mulut gue langsung komat-kamit, berdoa, semoga uangnya cukup. Well, buat nyokap gue, uang tuh nggak ada apa-apanya, mau harga semahal apapun buat gue bukan masalah, tapi masalahnya, uang gue cukup apa enggak! Hahaha...Apalagi pas ulangtahun gue emang nggak dikasih duit kayak tahun-tahun lalu sama bokap-nyokap gue, jadi cuma bisa ngandelin tabungan..Hahaha...

Then, ternyata lagi-lagi Allah baik sama gue. Apa efek dari sepanjang jalan tadi, gue sering ngasih lembaran duit ke pengemis kali yah?? Abis, ternyata, gue dapet diskon! Hahaha...Yah, lumayanlah. But, wait! Ternyata duit di dompet gue nggak cukup! Hahaha...Anjjjrr**t!! Giliran udah dapet, duitnya malah nggak cukup. Then, ternyata gue baru inget, tadi siang gue naro duit di dompet koin gue. Hahaha....Dan Alhamdulillah, cukup. Subhanallah!!! Perjuangan banget deh nih hari!!!! Dari jam00.00 ngerjain gambar, cuma tidur kurang dari 4jam, jalan dari siang sampai malem ngubek ke kota buat nyari sepatu doang, dan akhirnya "Yaaaa Alllahhh, Alhamdulillah".

Duit gue ternyata masih sisa, sekitar 70rb. Lima ribunya gue pake buat beli kertas kado (dari rumah gue udah siap bawa gunting sama double tape buat bungkus kado!Hahaha...niatnya!!!), karena duit temen gue lagi cekak gara-gara kena tipu tukang ramal, akhirnya yang 50rb gue pake buat nraktir dia sama gue makan (kasian banget tuh bocah kelaperan..Hahaha). Sisanya, buat ongkos pulang deh! Dompet gue kembali dilalerin..Hahaha....
 -----------------------------------------------------------------


Jam 10 lewat, gue baru sampai rumah, naro tas, lepas sepatu, nahan pipis, dan ngepending mandi+ganti baju, gue langsung lari ke kamar, ngambil gambar yang diblakangnya gue tulisin puisi. Terus, gue langsung ngendap-ngendap ke kamar nyokap dengan bungkusan yang gue sembunyiin dipunggung gue.

nyokap: kemana aja, jam segini baru pulang! Belanja lagi! *nada hampir marah
gue: Tadi sebenernya pas mamah telfon, aku lagi di pasar baru, muter-muter nyariin kado buat mamah. Maaf yah, Mah, tadi aku bo'ong bilang lagi makan di penvil. Abis kalo aku bilang, nanti ketauan. Tadi malem juga, waktu mamah masuk ke kamar marahin aku, sebenernya aku lagi bikin ini buat mamah. *nada melas, sambil nyodorin bungkusan kado+gambar yang gue bikin
nyokap: (Marahnya langsung luntur) Jadi dari tadi tuh seharian kamu tuh jauh-jauh ke pasar baru cuma buat nyari kado untuk mamah! Mamah kira kamu nonton ke mall sampai jam segini. *sambil buka bungkusan
gue: Iyah...makannya pas bapak nanya aku pergi kemana, aku nggak berani jawab. Abis kalo tau aku pergi ke kota pasti bakalan nggak dibolehin gara-gara kejauhan.

nyokap: Yah...kenapa puisinya bahasa inggris?? Mamah kan nggak ngerti bahasa inggris!!
gue: (oh, iya lupa..Hahaha) Yaa udah sini aku artiin. (Dan gue pun bacain puisi yang gue bikin itu dengan versi indonesia untuk nyokap gue). Judulnya malaikat yang tidak sempurna.
nyokap: lho emang mamah nggak sempurna!
gue: Yee...dengerin dulu! Malaikat yang tidak sempurna, by aline. Saat tuhan mengirimku ke dunia. Tuhan memberiku seorang malaikat. Aku melihat ke belakang punggungnya. 'tidak ada sayap!'. (anjrrr*t..tiba-tiba, tenggorokan gue kayak kecekek!!! sumpah gue nahan nangis!! Nggak tau kenapa gue pengen banget nangis!!! anjjrr*t nggak keren banget kalo gue nangis) aku pun bertanya pada tuhan. aku: "tuhan kenapa Engkau memberiku seorang malaikat yang tidak sempurna? Dia bahkan tidak memiliki sayap!". Tuhan: "Karena aku sengaja membuatnya begitu istimewa". aku: "Kenapa ia begitu itimewa, Tuhan?". Tuhan: "Karena aku menganugerahinya sebuah hati, perasaan". aku: "tapi, ia terlihat begitu rapuh!". tuhan: "itu bukan rapuh! Itu air mata! ia berdoa untukmu dalam tiap tetes air matanya, dia yang akan tertawa untukmu, menangis untukmu, dan jika perlu dia rela matti untukmu". aku: speechless. terlalu takjub. aku: "lalu (kali ini gue udah nggak bisa nahan, mata gue udah netes, dan omongan gue makin ke putus-putus) harus dengan apa aku memanggil malaikatku itu, tuhan?". tuhan: "kamu bisa memanggilnya dengan (gue berhenti bentar, mata gue udah bener-bener basah. leher gue kayak kecekek, susah ngomong!), kamu bisa memanggilnya dengan sebutan, 'mamah'..".

Saat itu gue bisa ngeliat ekspresi nyokap gue yang udah mulai berkaca-kaca. Yah...mamah, tadi nyengir pas ngeliat kado, sekarang malah mewek! Gue juga sih! Hahaha....




Gue pun lanjutin baca: jika aku mati besok (kali ini mata gue bener-bener udah banjir), aku ingin mamah tau (diem bentar, nahan nangis), aku ingin mamah tau, kalau hari ini dan hari-hari sebelumnya, aku akan selalu menyanjung mamah dalam doa melebihi apa yang mamah tau. Aku (diem bentar lagi, rasanya berat banget ngomongnya! bacanya terlalu pake hati), aku sayang mamah.

Sumpah!!! Abis ngucapin kalimat terakhir itu, gue langsung nangis. Seumur-umur baru kali ini gue cengeng kayak gitu didepan nyokap. Dan........tereeennggg toreeenng...ternyata gue nggak nangis sendirian. Saking terharunya, nyokap gue ikutan nangis!!! Nah lho........Hahaha....kenapa kita jadi nangis jamaah gini!!!

Nyokap gue nggak nyangka gue bakalan ngelakuin ini semua buat dia. Dan gue juga nggak nyangka kalo surprise kecil gue itu bisa bikin nyokap segitu terharunya sampai nangis malah! Padahal biasanya tiap kali gue bikin surprise, paling yang ada nyokap cuma ketawa girang ajah. Well, akhirnya dia ketawa girang juga sih abis ngeliat sepatunya. Udah kayak bocah abis nangis terus dikasih balon! Hahaha.....

Alhamdulillah Yaa Allah, mamah seneng. Semoga engkau selalu melimpahkan kebahagiaan tiada tara untuknya. amin. Hmn...perjuangan kali ini nggak sia-sia. Alhamdulillah. Love you, mom :))







'an imperfection angel'
by: aline


when god sent me to the world,
God brought me, an angel.

I looked behind her back (the angel).
'no wings!'

I asked the god, then.

me: "god, why did you give me an imperfection angel?", " she doesn't even have wings!"

god: "Because, I purposely made her so special"

me: "why is she so special, god?"

god: "Because, I was bestowed her a heart, a feeling"

me: "But, she looks so vulnerable!"

god: "it's not vulnerable. It's a tear".
"She prays for you in every grain of her tears".
"She will laugh for you, cry for you, and (if it should) she would be willing to die for you."

me: (speechless. *too amazed)

me: "then, what shall I call my angel, god?"

God: "you can call her, 'mom'.."

me: *smile

------------------------------------
if I die tomorrow. I just want you to know, mom.. these days, and the days before, I will always adore you in prayer, more than that ever you know.
love you, always, mom :))
                                                                      

No comments:

Post a Comment