ABOUT

ABOUT

Thursday, November 18, 2010

KLR - ch.4 (Kesempatan kedua, part.1)


Kertas lecek Rara - Chapter IV (part one)

4
‘Kesempatan Kedua’

 
Insiden di Kota Tua itu membuat Rara harus terperangkap oleh fasilitas rumah sakit selama empat hari, itupun akan ada kemungkinan perpanjangan waktu rawat inap jika kondisi kesehatannya masih belum membaik. Ia didiagnosa terserang gejala tipus. Hari ini adalah hari keempat ia dirawat. Besok jika tidak ada perubahan mendadak ia sudah diperbolehkan pulang.
“Woy, cuy!! By the way by the way, Parah yah loe!! Sakit sampai dirawat kayak gini nggak ngabar-ngabarin gue lagi!! Dodol!!”, ucap seorang wanita yang masuk begitu saja ke kamar inapnya tanpa permisi. Icha.


Icha. Nama lengkap Riza Perwita. Salah satu sahabat terbaik Rara yang bisa dibilang cukup langka. Wanita berwajah bulat, dengan komposisi 80% pipi, karena memang pipinya cukup berisi, terlihat seperti ikan mas koki jika tampak dari samping itu selalu kesal jika disinggung soal pipinya yang kian hari kian menenggelamkan hidung dan bibirnya. Tapi, kalau saja ia sedikit lebih percaya diri, harusnya ia bisa jadikan hal tersebut sebuah kebanggaan, karena untuk beberapa orang yang lebih suka menggunakan istilah cubby, hal tersebut adalah sebuah anugerah dan mempunyai daya tarik tersendiri.
Icha yang kemampuan otaknya setara dengan komputer 485 yang dibuat gagu seketika tiap kali berhadapan dengan pelajaran, itu bisa dinobatkan sebagai peraih juara berbicara cepat karena mendadak mampu mengucap 150 kata sekaligus dalam waktu satu menit, ditambah kemampuan otak yang ter-upgrade otomatis menjadi Pentium empat tiap kali topik pelajaran beralih ke obrolan gadget, musik, dan ritual pergosipan.
Lucunya meskipun Rara satu SMA dengan Icha dan bahkan sempat satu kelas saat kelas dua-Rara masih ingat betul ia pernah SKSD (sok kenal sok deket) saat perlu pinjaman lem kertas, saat itu cuma si jutek Icha yang kebetulan bisa menolongnya, sehingga dengan berat hati ia terpaksa meminjamnya dari Icha-mereka malahan baru dekat saat bertemu lagi dibangku kuliah. Yah, mungkin itulah yang dinamakan takdir.
Rara yang saat itu sedang malas masuk kelas, memilih untuk berdiam diri, duduk di kursi depan ruang seminar eksekutif yang letaknya tak jauh dari auditorium kampus. Perasaannya kala itu sedang buruk. Wanita yang sudah rebonding ­berkali-kali dengan harapan bisa menghilangkan kutukan keriting dirambutnya namun lagi-lagi kemajuan inovasi persalonan itu gagal mematahkan kutukan sehingga ia harus menerima nasibnya untuk tetap keriting, tiba-tiba saja duduk dikursi yang sama. Hari itu adalah kali pertama, Rara melihat sisi lain dari Icha, yang belakangan lebih sering dipanggil Ipup itu.
Icha menceritakan sebuah rahasia kecilnya. Ia terlihat begitu rapuh saat itu. Muka besinya luntur seketika terhapus buliran tangis. Sejak peristiwa itu, antipati Rara pada Icha pun luntur dan persahabatan mereka pun kini makin erat setelah mereka menemukan banyak kecocokan antara satu sama lain.  


“Eh, Ipup!! Backing powder dirumah masih ada, Pup?”, Rara tersenyum melihat kedatangan sahabatnya itu.
“Ada. By the way by the way, emang kenapa gitu?”, dengan o’on expression seperti biasanya.
“Enggak. Gue kira loe abisin buat mekarin pipi!! Idung loe tuh makin tenggelem ajah kegedean pipi! Hahahaaa….”
“Sial loe!! Lagi sakit aja masih bisa ngecengin gue, apalagi loe sehat!! By the way by the way, nih buat loe!”, sahabatnya itu menyerahkan sebuah kantong plastik. Ada sesuatu didalamnya.
“Apaan nih?”, Rara raih kantong plastik itu, kemudian mengintip isinya. “Hahahhaaa…tau aja loe, gue lagi pengen es krim!! Thangkyu..Ipupku!! Loe tuh emang sahabat gue yang paling the best deh pokoknya!! Hahahaa…”, Rara tertawa lebar.
By the way by the way ya udah gih, makan buruan mumpung suster sama dokternya nggak ada!! Loe kan masih belom boleh makan kayak ginian!!”.
“Siap bos!! Hahaha..”, Rara langsung mengemut es krim pisang batangan itu.

By the way by the way, loe kok bisa sampe sakit kayak gini sih!!”.
“Hehe…yah, namanya juga penyakit!! Kan udah kayak jalangkung!! Dateng tak dijemput pulang tak diantar!! Sama kayak loe!! Muncul tiba-tiba, ntar juga pergi pasti tiba-tiba! Hahahahahaa”.
“Sialan loe!! Hahahaa”. “By the way by the way, gimana Satya? Pa kabar loe sama dia? Baek-baek aja kan loe berdua? By the way by the way gue denger katanya dia lagi ada di Jakarta sekarang! Terus loe udah ketemuan sama dia?”, tanya Icha, sahabatnya itu beruntun.
“Hahahaaa…kelakuan..kelakuan!! Udah kayak wartawan ajah loe!! Nanya-nanya mulu kerjanya!! By the way by the way mulu pula! Pusing gue ngedengernya! Nggak berubah yah loe!! Dasar Miss By the way by the way! Hahaha..”.
“Ye…orang ditanyain juga!! By the way by the way terus gimana loe sama Satya?”.
“Pu…tus!”, jawab Rara singkat tanpa menunjukkan ekspresi sedih sedikitpun. Sebenarnya mengingat hal itu ia sudah ingin menangis lagi, tapi ia tahan.
“Haaaahhh!!!! By the way by the way yang bener loe!!”, Icha sontak terkejut.
Rara hanya menanggapinya dengan mengangkat dua jari. Jari telunjuk dan jari tengah sekaligus.
“Ah…becanda loe!!”
“Suerrr!! Ngapain sih gue bo’ong sama loe!!”
“Yah, abis, muka loe tuh nggak ada tampang sedih-sedihnya tau nggak!! Gue tau banget loe tuh cinta banget sama Satya, tapi masa loe putus sama dia masih bisa nyengir kayak gini!! Kalo gue mah pasti udah nangis kejer!! By the way by the way tapi kok loe bisa putus sama Satya?”
“Uumm…ya bisalah!! Orang yang nikah aja bisa cerai, apa lagi ini yang cuma statusnya pacar!! Ya toh..ya toh!!”
“Hmnn..ya iya sih, by the way by the way emang loe nggak sedih apa putus sama dia? Tapi by the way by the way yang mutusin itu loe apa dia?”
“Hahaha…yah loe pasti bisa nebaklah siapa!!”
“Hehe…iya sih! Lagi nggak mungkin juga yah kalo loe yang mutusin, secara loe cinta banget sama dia!! By the way by the way, yang jadi pertanyaan kok dia bisa mutusin loe sih!! Kurang apa coba sahabat gue yang satu ini!! Udah pinter, cantik, baik, setia, jago masak, duh…pokoknya paket komplit deh!!”
“Hahaha…dasar loe lebaaaiiiii!!! Hahaaa…”. “Dia mutusin gue, karena ada orang ketiga!”
“Heh?? Yang bener loe!! By the way by the way, tau dari mana loe!! Loe salah kali!!’.
“Satya sendiri yang bilang waktu mutusin gue, dia bilang dia mau putus dari gue karna dia cinta sama orang lain!! Gitu katanya!! Yah, gue nggak bisa bilang apa-apa!! Nggak mungkin juga kan gue maksa  dia untuk tetep sama gue tapi hatinya untuk orang lain, ya udah kita sepakat bubaran deh! Hehe..”.
“Wah, emang kurang ngajar tuh si Satya!! Awas aja ntar kalo ketemu!! By the way by the way gue samperin aja sekarang apa?? Gue jitak-jitakin tuh kepalanya, terus gue jambak-jambak rambutnya, gue cakar-cakar mukanya, gue…..”.
“Gue apaan lagi Pup?? Gue hantu!! Hahaha…”.
“Yee…itu mah Goa hantu!! Dodol!!”
“Ya udah sih, Pup!! Nggak penting!! Life must go on!! Toh, dia udah milih dan pilihan itu bukan gue, jadi ya udahlah…!! Gue sekarang udah ikhlas!! Hehe…”.
“Good!! Salut gue sama loe!! By the way by the way tenang aja!! Yang rugi tuh dia, bukan loe!!”
Rara tersenyum.


Seorang perawat setinggi kurang lebih 160cm dengan perkiraan bobot 70kg, menghampiri mereka. Kulitnya sawo matang. Rara bisa melihat rambutnya hampir penuh dengan uban dan tampaknya ia sudah cukup berumur, terlihat jelas proses penuaan terjadi pada lapisan kulitnya yang mengeriput. Mungkin umurnya sudah hampir setengah abad atau bahkan lebih. Yang paling ajaib dari perawat tersebut adalah dua gigi palsunya yang berwarna emas. Akan tampak sangat mengkilat saat sinar cahaya memantul pada pengganti gigi serinya itu, setiap kali ia tersenyum. Yang ajaibnya lagi, ia memiliki nama yang sama dengan sahabat Rara, Icha. Nama Riza Perwita tertulis cukup jelas di name tag­ perawat itu.
“Besok pagi kamu udah boleh pulang! Saya bantu lepas infusnya yah!”
“Sus, namanya bener Riza Perwita?”, tanya Rara sementara perawat itu mencabut jarum infus dari tangannya.
“Iya! Emang kenapa?”, perawat itu masih sibuk mencabut perlahan jarumnya.
“Ah…nggak apa-apa kok, Sus! Namanya bagus!”, Rara menahan tawa sambil melirik, tersenyum licik pada Icha. Icha yang sangat mengerti makna senyuman itu, terlihat kesal. Bibirnya sedikit mengkerut.
“Nah!! Selesai deh!! Nanti kalau kamu butuh apa-apa tinggal pencet tombol pemanggil aja yah!! Oh iya, ini makannya udah kan? Saya bawa sekalian yah! Permisi”, ucap suster Riza selepas mencabut jarum infus, seraya meninggalkan ruangan.
“Makasih yah, Sus!”


Tak lama setelah suster Riza pergi, Icha langsung memukulkan bantal tepat ke kepala Rara. Pelan. Tapi lumayan bisa membuat kepala Rara sedikit pusing.
“Heh!! Sialan loe!! Ngeledekin gue kan loe tadi!! Emang gue nggak tau apa makna senyum licik loe!! Resek!! Bete gue sama loe!!”, protes Icha. Wajahnya masih cemberut.
“Prediksi wajah masa depan loe tuh, Pup! Hahhaaaaaha….”.
“Heh! Songong!! Jelas-jelas cantikan gue!! By the way by the way loe liat ajah ntar, dua puluh tahun lagi, gue bakalan jadi the next Julia Robert!! Biar tua tapi tetep kece..Hahahaha..
“Yeah….you wish!! Sejak kapan mukanya Julia Robert berubah jadi pipi semua! Hahaha…”.  “Aduh…pusing nih gue abis kena gebuk loe!!! Balesnya pake kekerasan sih!! Bisa kena undang-undang KDRS loe!!”, Rara masih memegangi kepalanya yang tadi habis dipukul.
      “Hahahahaa…bodo amat, emang gue pikirin!! By the way by the way,  tadi loe bilang apa? KD…..KD…”, Icha coba mengingat.
“KDRS!!”.
“Nah, iyah!! Itu maksud gue!! Tadi loe bilang undang-undang KDRS?? Apaan tuh?? By the way by the way emang ada yah?? Kalo KDRT gue tau! Nah, KDRS kayaknya gue baru denger tuh! By the way by the way undang-undang baru?? Undang-undang tentang apaan sih tuh??”, lemotnya kambuh.
“Hahhahahhahaaa…pake ditanggepin lagi!! Tadi kan gue cuma becanda!! K-D-R-S!! Kekerasan dalam rumah sakit!! Hahaha….”
“Hahhaaa…dasar dodol loe, Ra!! Hahhaaa…”.
“Lagi loe pake nimpuk-nimpuk gue pake bantal sih!! Loe pikir nggak puyeng apa!! Gue kan masih dalam perawatan..Huh!”.
“Iya deh, maap..Maap!! Namanya juga erosi…eh, emosi maksud gue!! Hahahahaa…”
“Hahahahhaa…”, keduanya tertawa.


By the way by the way udah jam berapa nih?”, tanya Icha tiba-tiba.
“Uum…jaammmmm….tujuh lewat tiga puluh tiga menit! Kenapa gituh?”
“Hah!! Sumpah loe!! Mampus gue!!”, Icha terlihat sedikit panik.
“Napa loe?”.
“Hehe…biasalah!! By the way by the way tadi sebenernya gue nggak boleh kemana-mana sama bokap gue! Disuruh jagain rumah!! And sebenernya sekarang gue masih dalem masa hukuman. Jadi tiga hari yang lalu itu, gue minjem mobil bokap, niatnya mau iseng-iseng belajar nyetir, eh tau-taunya pas latihan, gue malah nabrakin tuh mobil ke tiang! Lupa ngerem gue!!”.
“Terus mobilnya penyot dong!”.
“Lha!! Bukan penyot lagi!! Ringsek!! Yah, gimana nggak mau ringsek,  abis nabrak tiang, pas maju, gue malah nge-gas kekencengan, nah di depan gue itu, pas banget ada mini bus gitu lagi jalan!! Paraaaaah deh!!! By the way by the way karna supir bus-nya minta ganti rugi, yah terpaksalah gue nelpon bokap!! Ketauan deh kalo gue minjem mobilnya nggak bilang-bilang, plus bokap jadi harus ganti rugi gara-gara kelakuan gue!! Yang ada sepanjang jalan pulang gue dimaki-maki abis-abisan and sebagai hukumannya, uang jajan gue dipotong selama tiga bulan, plus laptop sama handphone gue disita buat sementara, plus gue harus berangkat and pulang kampus naek angkot gara-gara kunci motor sama STNK gue diambil, plussss….gue nggak boleh keluar rumah selama liburan!! Sumpah!! Lengkap banget deh penderitaan masa liburan gue!! Makannya ini juga gue pergi jenguk loe diem-diem!! By the way by the way sebenernya gue udah dari kemaren-kemaren mau jenguk, tapi nggak diijinin bokap!! Bokap malah nyangkain gue jadiin loe alesan supaya bisa keluar rumah and jalan-jalan sama temen-temen gue!! By the way by the way gila yah bokap gue!! Segitunya sama gue!! Huh…!!”.
“Weiitsss…sabar bu!! Ngomongnya sambil napas! Cepet banget!”. “Ah…itu mah emang dasar elo-nya ajah!! Dodol!! Hahahaha…Lah terus kalo handphone sama laptop loe disita, kok kemaren-kemaren loe bisa sms-an sama gue? Bisa update status pula!! Gimana caranya coba!!”.
“Hahahhaa….itu mah pinter-pinternya gue aja!! By the way by the way bokap kan kebiasaan dari jaman batu-nya belom berubah. Pasti kalo naro barang-barang sitaan gue dilaci ruang kerjanya. Jadi gue belajar dari pengalamanlah!! Gandain kunci lacinya!! Jadi, gue masih bisa make barang-barang gue kalo bokap lagi nggak di rumah! Hahaahahaa… By the way by the way sebenernya udah lama sih gue diem-diem ngegandain kuncinya dan untungnya bokap nggak pernah sadar sampai sekarang!! Jadi nggak ngaruhlah!! Hahahahaaa…”.
“Hahahahaa…dasar!!!”.
By the way by the way, gue cabut dulu yah!! Nanti lanjut lewat chat aja yah! Bokap gue kira-kira sampai dirumah jam sembilanan, jadi gue harus udah sampe rumah sebelum jam sembilan nih!! Takut bokap gue dateng duluan! Bisa repot nanti! Hahahaa..”.
“Sip! Thangkyu yah, Pup!”.
“Yoha! Sama-sama…!!”.
Icha pergi.
Rara kembali sendiri. Ia kembali teringat akan Satya. Memang tak mudah menghapus semua kenangan itu. Setidaknya ia mencoba, berusaha.


“Neng geulis teh kuanaon? Tadi mamah nelepon ka bumi, saurna Eneng ka rumah sakit. Naon nu karaos? Ari saur dokter kumaha? Mas Bayu kamana? Maap nya sayang, Mamah ti kamari tacan sempet ngahubungi Eneng. Da nuju seueur kagiatan! Repot pisan! Mamah oge hoyong enggal uih ka bumi, nguping wartos Eneng teu damang. Mung bade uih, seepeun tiket. Insya Allah enjing Mamah uih ka bumi. Terus kumaha, masih karaos?”, cerocos seorang wanita bak ledakan petasan beruntun yang biasa dinyalakan di acara adat Betawi, yang tiba-tiba saja meneleponnya. Dari suaranya, ia benar-benar begitu panik. Bagaimana tidak! Ia mampu mengucapkan semua kata itu dalam hitungan kurang dari satu menit.
“Hey, mah, aku baik-baik ajah! Aku cuma kurang istirahat aja kok, besok juga udah pulang! Mas Uyab mungkin lagi on the way ke sini, tadi aku minta tolong bawain baju ganti soalnya. Mama sehat?”.
“Alhamdulillah upami kitu mah. Mamah sehat, sayang. Enjing Mamah uih, Kade tong telat emam obatna meh enggal damang!”.
“Iya mah..”.
“Daaaa….sayang”.


“Tadi siapa yang telepon?”, tanya seorang pria yang baru saja datang. Pria itu bertubuh besar, agak sedikit gemuk, tingginya lebih dari 180cm. Pria itu berkulit gelap dan parasnya sama sekali tidak mirip dengan Rara, sekalipun memang pada kenyataannya ia memang asli kakak kandung dari Rara. Namanya Bayu, tapi Rara lebih suka memanggilnya dengan nama terbalik, Uyab.
“Mama Mas, katanya besok baru bisa pulang ke Jakarta. Keabisan tiket!”.
“Oh…”.
“Baju aku udah dibawain, Mas?”.
“Nih!! Hehe…”, pria itu tersenyum, ada sebuah tas kecil ditangannya.
“Makasih yah, Mas-ku yang guanteng…hohohooo…”.
“Huh! Dasar! Kalo ada mau-nya aja loe, muji-muji gue!!”, pria itu mencubit gemas kedua pipi Rara, kemudian menaruh tas berisikan pakaian itu ke laci meja samping sofa.
“Awww…sakit tau!!”,
“Bodo…yeee…”.
“Huh! Dasar!! Tolong matiin lampu dunk, Mas! Aku mau tidur nih, ngantuk!”.
“Eh, iya, gue sampe lupa! Bentar yah!”, pria itu merogoh kantung jaketnya.
“Nih”, ucapnya sambil menyerahkan sebuah amplop.
“Apaan nih?”.
“Mana gue tau! Loe buka aja sendiri”.


Rara begitu penasaran isi amplop coklat itu. Ia buka segelnya dan mendapati sebuah kartu undangan berwarna putih tulang dengan simpul pita perak di sampul depannya. Undangan reuni SMP. Sejenak ingatan tentang masa-masa SMP kala itu menari-nari dipikirannya. Entah kenapa tiba-tiba saja sebuah nama muncul dipikirannya.
“Arga, apa kabar yah?”, ucapnya pelan, wajahnya sedikit memerah.
Mengingat nama itu membuatnya mendadak tertawa geli. Saat ia masih duduk di bangku SMP dulu. Kelas satu. Satu enam, tepatnya. Ia pernah menjadi salah satu wanita yang cukup dikagumi. Beberapa pria seumurannya mencoba untuk mendekatinya kala itu dan Andi adalah salah satunya. Kulitnya coklat dan bibirnya sedikit tebal. Ia akui pria itu cukup manis. Tapi, sayangnya saat itu hati Rara sudah terlanjur mengagumi sahabat karib pria itu, Arga namanya. Mereka satu kelas. Mungkin saat itu Rara masih terlalu muda untuk mengenal apa itu cinta dan ia sama sekali tidak tahu bagaimana cara untuk menjabarkan apa yang dirasakan itu pada Arga. Entahlah, beberapa orang hanya menganggap itu hanya cinta monyet atau semacamnya, tapi yang Rara tahu, apa yang dirasakannya itu benar-benar nyata.
Sebenarnya, Arga bukanlah tipe pria yang sulit untuk didekati. Tipe pria yang ramah dan mudah berbaur. Selain itu bisa dibilang ia termasuk pria yang humoris. Rara sering dibuat tertawa oleh celotehannya. Mungkin karena itupula yang membuat Rara jatuh hati padanya. Ia bisa membuat Rara begitu nyaman berlama-lama disisinya. Tapi sesering apapun Rara menghabiskan waktu bersama pria itu, mereka sama sekali tidak pernah membahas tentang hal-hal sentimental yang menyangkut perasaan mereka masing-masing.
Arga lebih sering mempromosikan sahabatnya, Andi, setiap kali menghabiskan waktu bersama Rara. Tak jarang Rara mendadak gerah karenanya. Pernah suatu hari, sepulang sekolah, Arga dan sahabatnya, Andi itu, menahannya pulang. Firasat Rara mengatakan, Andi ingin mengutarakan perasaannya terhadap Rara kala itu. Terlihat jelas dari bahasa tubuh Andi yang tampak malu-malu saat memberikan sebuah kotak kado yang entah apa isi-nya. Rara yang menyadari betul keberadaan Arga disana saat itu akhirnya memilih untuk menolak pemberian dari Andi. Ia tidak ingin Arga jadi salah paham. Ia tidak ingin Arga mengira kalau ia juga menaruh hati pada Andi jika ia menerima pemberian itu. Rara berpikir jika ia menerima pemberian dari Andi, itu sama saja ia akan menutup peluang bagi Arga untuk mendekatinya. Saat itu Andi memang tidak menyatakan cinta padanya. Mungkin sikap penolakan yang cukup tegas itu sudah menyurutkan keberaniannya. Rara sadar kalau ia telah mengecewakan Andi. Tapi bila memang itu satu-satunya cara, yah apa boleh buat, Rara harus tetap melakukannya.
Rara sedikit kecewa pada Arga saat itu. Nyatanya Arga-lah yang membantu Andi mempersiapkan hal tersebut dan itu sedikit memupuskan harapan Rara terhadapnya. Meskipun hari itu cukup berat untuk Andi dan cukup mengecewakan bagi Rara, tapi waktu tidak berhenti hanya disitu, waktu masih berjalan dan mungkin waktu berjalan terlalu cepat hingga tanpa sadar, bahkan setelah lulus SMP pun, pertanyaan Rara akan perasaannya terhadap Arga masih belum terjawab. Rara terlalu ragu untuk menyatakannya dan Arga, entahlah, mungkin memang ia tidak pernah memiliki perasaan apapun terhadap Rara.
Perasaannya itupun kini hanya menjadi pemanis masa SMP-nya. Tapi kalau boleh jujur, jauh didalam hatinya, sepotong pertanyaan tentang Arga itu, masih menghantuinya hingga kini. Mungkin ia masih menyimpan baik-baik perasaannya itu untuk Arga. Mungkin ia masih menyukai Arga. Mungkin. Entahlah.


Rara menaruh kartu undangan itu dimeja samping tempat tidurnya. Ia mencoba menutup matanya. Sepertinya ia akan bermimpi tentang Arga malam ini. Setidaknya itu yang diam-diam ia harapkan. Sebelum menutup mata, Rara sempat berandai-andai, seolah mengucapkan sebuah permohonan. Dalam permohonannya itu, ia berharap andai saja ia bisa kembali ke masa itu, memutar kembali waktu, mencari jawab atas perasaannya kala itu. Di sisi lain, tanpa disangka, ternyata ada bintang jatuh bersamaan dengan pengucapan doanya itu. Ada yang bilang jika mengucap permohonan saat bintang jatuh, permohonan itu bisa terwujud. Tapi entahlah. Mungkin saja bintang jatuh itu bisa memberikan sedikit keberuntungan untuknya. Rara yang saat itu sama sekali tidak tahu bahwa saat itu ada bintang jatuh, hanya berharap keajaiban itu benar ada. Mas Bayu yang saat itu baru keluar dari toilet segera mematikan lampu dan menjatuhkan tubuhnya di sofa. Kini semuanya terlelap.

***

(to be continue - read: Ch.IV, part.2)

No comments:

Post a Comment