ABOUT

ABOUT

Thursday, November 18, 2010

KLR - ch,6 (Langit, part.1)


Kertas Lecek Rara - Chapter VI (part one)
‘Langit’



Hmn…well, kejadian dua hari lalu emang agak mengejutkan. Gue nggak nyangka kalau ternyata orang yang gue suka waktu SMP nyatain perasaannya ke gue setelah bertahun-tahun dia pendem diem-diem. It’s like…a ‘Waaww’ for me. Seriously. Dan gue nggak nyangka perasaannya sama sekali nggak berubah dan dia bahkan minta gue buat jadi pacarnya. ‘Waawww’. “Aaaaaaaawww….!!!”, pernyataan ‘waw’-nya itu semakin lengkap dengan teriakan ‘aw’ efek irisan pisau yang mengenai jarinya.
      Pagi-pagi sekali, subuh tepatnya, sebelum ayam berkokok, Rara sudah disibukan dengan sayur mayur, protein padat, dan peralatan dapur. Ia mengumpulkan wortel, jagung manis, daun seledri, daun bawang, dan jamur untuk diiris. Ia juga sudah menyiapkan dada ayam mentok yang nantinya akan dipotong-potong seukuran dadu untuk campuran cream soup buatannya. Ia sengaja bangun lebih awal untuk menyiapkan sarapan pagi untuk Satya. Niatnya pagi ini ia akan mendatangi apartemen Satya untuk memberikan ‘morning surprise’. Ia ingin membangunkan Satya dengan aroma cream soup buatannya, yang juga merupakan salah satu makanan favorit Satya, karena itulah ia rela membiarkan jatah tidurnya berkurang, memaksakan diri membuat sarapan dengan mata yang masih setengah watt. Alhasil, pagi ini ia meneriakan lima ‘aaawww’. Tiga ‘aww’ untuk irisan pisau yang mengenai jarinya, satu ‘aww’ untuk panci yang jatuh mengenai kepalanya, dan ‘aww’ yang terakhir untuk lantai licin berminyak yang sukses membuatnya jatuh terpeleset dengan bunyi ‘awwww’ terpanjang.
      Emang beda deh, kalo yang namanya the power of love! Mau keiris kek, mau kejedug panci kek, mau kepleset sampai kaki harus diseret-seret gara-gara ikut keseleo, dengan kekuatan cinta, semua itu…akh, sepele! Hahhaa…’awwW’..tapi, lumayan juga sih yang kaki, sakitnya bikin ngilu, bikin gue nggak jadi ketawa ajah.


“Ummm….wangiii! By the way by the way kayaknya enak nih!”, bisik seorang wanita berpiayama dengan roll-an hijau yang menggulung poninya.
“Udah bangun loe, Pup?? Tumben!”, Rara melirik sahabatnya yang kebetulan mengungsi dirumahnya. Serangan banjir musiman telah merendam sebagian rumahnya, sebagai gantinya Icha terpaksa menginap dirumah Rara hingga airnya surut.
      “Mata sama otak gue sih belom bangun, tapi idung sama perut gue udah! Hahaha”.
      “Hahahaaa….amit-amit! Cuci muka dulu gih sana, gosok gigi! Nanti baru gue jatahin semangkok buat loe!”
      “Yah…masa semangkok!! Aromanya tuh nampol banget!!! By the way by the way kalo semangkok cuma buat jatah nutrisi pipi gue doank, perut gue nggak kebagian dong! Yah….yah…”, pinta Icha dengan wajah memelasnya.
      “Iya..iya…! Ya udah, cuci muka dulu gih sana!”
      “Siap bos!! Duhhhh…Rara emang baik deh!!! By the way by the way, luph you muach muach…”, ucapnya sambil mencubit pipi sahabatnya itu.
      “Sakiiit tau!!!”, “Hussshhh…husssh…..sana gih…ilangin dulu bau neraka dimulut loe!!”
      “Eh, jangan salah!!! By the way by the way, asal loe tau aja yah, aroma surga beda tipis tau sama aroma jigong gue dipagi hari…hahhaaaa”.
      “Euuuwwwww….jijjjaaayyyy…!!!”.
      “Ya..udah ah…ntar gue nggak makan-makan lagi gara-gara kelamaan disini!”, putus Icha bergegas ke kamar mandi.


“Udah selesei Pup cuci mukanya??”, tanya Rara sambil menuangkan cream soup-nya ke dalam mangkok ungu yang ditulisi dengan cat putih disekeliling permukaannya, saat Icha kembali menghampirinya.
      “Udah dong!”, jawabnya sambil meraih mangkok sup.
      “No different! Dicuci nggak dicuci, tuh muka tetep ajah nggak ada bedanya kayak pas loe baru bangun tadi! Malahan kalo gue perhatiin, pipi loe makin mekar ajah abis kesiram air!! Subur…kayak taneman! Hahahahaa….”
      “Bodo! Yang penting gue dapet sup gratis pagi-pagi! Hohooo…”, balasnya seraya meniup-niup cream soup yang masih mengeluarkan uap panas dihadapannya. “Behind Every Great Woman, There's a Fabulous Gay Man?? By the way by the way, apaan nih??”, tanpa sengaja Icha memperhatikan tulisan putih pada mangkok sup-nya. “A Gay????”.
      “Hadiah!”, jawab Rara singkat.
      “Hadiaaah???”, Icha seolah mempertanyakan penjelasan dari pernyataan Rara tadi.
      “Dua minggu yang lalu pas gue lagi jalan-jalan sama Dona, kita mampir ke toko buku, nah ternyata lagi pas banget ada promo. Nggak sengaja gue nemuin buku yang cover­-nya warna ungu, akhirnya gue belilah tuh buku! Loe tau kan?? Gue suka banget warna ungu! Penulisnya kalo nggak salah, Dave Singleton! Judul bukunya sama persis kayak yang ketulis dimangkok ungu yang sekarang lagi loe pegang! Nah, mangkok itu hadiah gara-gara gue beli tuh buku! Lucu yah mangkoknya! Ungu! Hehe…”
      “HAH! Jadi cuma karena warnanya‘ungu’??”
“Iya, emang menurut loe karena apa lagi!!”
OH MY GOD!! Rara…Rara….!!”. “By the way by the way, tadi apa judulnya??? Man….man….”.
      “Behind Every Great Woman, There's a Fabulous Gay Man??
      “Nah iyah! Itu!!! By the way by the way, emang bukunya tentang apa??”, ucapnya dengan mulut penuh cream soup.
      “Hahahaa…telen dulu, baru ngomong biar nggak keselek!”. “Intinya tuh buku bilang kalo cewe itu perlu punya sahabat Gay!”. “ Hmn…tapi kalau dipikir-pikir tuh buku bener juga sih!! Salah satu resep rahasia-yang bahkan gue baru sadar setelah baca tuh buku-gue selama ini bisa setia, nggak lirik sana-sini, nggak selingkuh, yah karena gue punya sahabat Gay!  Loe tau kan, Satya itu sibuk banget dan jarang punya waktu untuk gue! Udah gitu, gue sempet ditinggal berbulan-bulan! Pisah kota! Hubungan long distance kayak gitu kan banyak banget godaannya! Siapa lagi coba sahabat paling oke yang bisa ngilangin sepi gue selama Satya nggak ada. Nemenin gue hang-out, nonton film-film drama korea sambil nangis jama’ah, ngasih gue masukan fashion yang always up-date, dan itu jauh lebih save daripada gue harus nyari cowok buat dijadiin bumper selama Satya nggak bisa nemenin gue. Selain itu, meskipun gay, pada dasarnya tetep aja dia cowok, yang artinya dia punya pola pikir yang sama seperti cowok normal, jadi gue bisa minta saran dan pendapat dia sebagai cowok! Nyenengin banget kan! Selain itu gue bisa jalan sama cowo tanpa perlu di cap sebagai pengkhianat cinta. Lagipula, well…He’s a Gay!!
      “Hey…hey…hey!! By the way by the way, kayaknya ada yang lupa punya sahabat gue nih!! Hmnn….oke! Cukup tau ajah gue mah!!”
      “Nggak usah cemberut gitu dunk!!! Haahahahaa…”. “Coba deh, loe inget-inget lagi, setahun kemaren loe lagi dimana?? Inget??”.
      “Hehe..iya yah, gue lupa! Gue cuti ke Jepara yah! Hahhaaa….”. Icha tersenyum malu.
      “Nah itu dia!! Jadi nggak salah dunk kalo gue ninggiin sahabat gay gue yang satu itu!!! Hahahhaaa….”. “Lagian enak kalo jalan sama dia!”.
      “Enaknya???”
      “Pertama, Satya nggak punya alasan buat cemburu. Kedua, lucu aja kalo jalan sama dia, jadi pengen ketawa sendiri kalo ada cewe yang sok-sok-an curi-curi pandang sambil tebar senyum ke dia. Well, dia emang gay, tapi cassingnya cowo banget! Nggak keliatan gay sama sekali! Tapi kalo udah mulai ngegosip, sumpah! Gue lewat banget sama dia!!! Hahahahaa….”. “Tapi yang paling utama sih, Satya lebih rela kalo gue hang out bareng dia daripada sama temen cowo gue lainnya yang normal. Selalu dapet lampu ijo deh! Berasa punya dua pacar! Hahaha…”.
      “Dua pacar??? Wewww…jangan bilang loe suka sama sahabat gay loe itu!”
      “Ya enggaklah!!! Gue masih normal kali!!! Lagipula sejak dia permak ini-itu plus operasi kelamin, situasinya udah beda! Sekarang cassingnya lebih cewek dan lebih cantik dari gue! Parah! Gue dikalahin sama bencong! Hahaa…”, “Eh, gue tinggal dulu yah!!! Buru-buru nih!”.
      “Mau kemana??”
      “Ke apartemen Satya, bawain sarapan pagi!!! Daaa…Ipppuuuupp!!!”, teriak Rara, pamit.

***

“Pagi ini cuacanya cerah banget yah, Pak!! Lebih cerah dari biasanya! Hmmn…”, Rara mencoba membuka obrolan dengan supir taksi yang ditumpanginya, sambil menempelkan bandage transparan di dua jemarinya yang sempat teriris tadi.
      “Cerah???”, ucap sang supir mendongak ke atas kaca jendela sambil menggaruk-garuk kepalanya. Ia dibuat terheran-heran. Tidak mengerti kenapa langit yang jelas-jelas terlihat mendung itu bisa dianggap cerah. Ia masih membiarkan pikirannya larut dalam kebingungan yang sebenarnya bukanlah hal yang penting untuk direnungkan.
      Kira-kira nanti apa yah tanggapan Satya waktu ngeliat aku ngasih surprise kayak gini!!! Selama ini kan aku nggak pernah ngasih dia surprise! Pasti dia nggak akan nyangka banget kalo aku bakalan lakuin ini! Dia pasti seneng banget deh! Jadi nggak sabar pengen buru-buru sampai ke apartemennya buat ngasih surprise!! Ummm…, pikirannya melanglang buana membayangkan seperti apa ekspresi terkejut Satya nantinya.
      “Aneh banget nih si mbak! Tadi langit mendung dibilang cerah, sekarang senyum-senyum sendiri, padahal nggak ada yang lucu! Stress kali yah!! Kasian! Cantik-cantik, otaknya gangguan! Amit amit jabang bayi….”, pikir sang supir saat tanpa sengaja melihat cara Rara tersenyum melalui kaca spion.
      Yaa Allah, buatlah Satya agar masih tertidur. Agar misiku kali ini berhasil. Semoga apa yang kulakukan kali ini benar-benar bisa membuatnya terkejut bahagia. Amin.
      “Udah sampai Mbak!”, teguran supir itu membuyarkan lamunannya.
      “Oh..eh…iya”. “Ini Pak uangnya! Terimakasih”.


Rara melangkahkan kakinya keluar dari taksi. Bergegas menuju ruang apartemen Satya. Jantungnya berdebar. Rasanya sudah tak sabar sekali ingin melihat reaksi terkejut Satya atas perlakuannya kali ini. Ia tekan tombol menuju lantai 12 begitu sampai didepan lift.
      “Percuma Mbak, mau dipencet seratus kali juga nggak bakalan kebuka! Wong lagi rusak! Tungguin aja se-jam lagi Mbak atau nggak naik tangga darurat aja kalo kelamaan! Pareng…”, kata seorang office boy yang kebetulan lewat.
      What??? Rusak!!! What the hell is going on???Seriuosly!! Lantai 12 gituh!! Masa gue harus naik tangga sampai ke lantai 12!! Lantai 12!! Hell no!!! Very big huge giant NO…NO!! I would never take the stairs to get there!! NEVER!!

     
      “Ya…ampun!!! Kok nggak sampai-sampai yah??? Masih berapa anak tangga lagi sih yang harus gue tapakin??”, umpat Rara sambil terus menanjaki anak tangga menuju lantai 12. Butir-butiran keringat saling berebut keluar dari pori-pori kulitnya. Resapannya membuat beberapa bagian dilapisan bajunya menjadi basah.
            “Ah…akhirnya! Lantai 12! Thanks God, finaly!”, ucapnya berhenti sejenak untuk mengatur napasnya yang putus-putus itu sambil membungkuk memegangi kedua lututnya. “Yah…beneran kan! Lecet! Tau gini tadi nggak usah sok-sok-an pake high heels deh!”.
            Rara kembali melanjutkan langkahnya menuju pintu ruang apartemen Satya. Kali ini ia memilih untuk menjinjing high heels-nya. Ia sudah tidak mampu lagi menahan perih lepuhan di sekitar tumit dan punggung kelingking dikakinya.
            ‘Cleekk…’. Rara membuka pintu apartemen Satya pelan-pelan dengan kunci duplikat. Menjinjitkan kakinya melangkah masuk, kemudian menaruh high heels yang dijinjingnya itu disamping pintu tanpa mengeluarkan bunyi sebisa mungkin.
            Pintu kamar tidur Satya masih tertutup, sepertinya ia masih terlelap. Rara mengambil langkah kecil menuju dapur untuk mengambil nampan. Ia alasi nampan itu dengan kain putih sulam berenda sebelum menaruh semangkok cream soup hangat buatannya dan segelas vanilla late diatasnya. Ia juga memberikan sedikit sentuhan romantis dengan menaruh sebatang mawar putih disisi kanan nampan dan menaburkan beberapa kelopak bunga mawar diatas alas nampan itu sebagai pemanis.
            Masih dengan kaki menjinjit, secara berhati-hati ia bawa nampan itu menuju kamar Satya. Sebisa mungkin ia mengendap-ngedap agar tidak menimbulkan suara mengejutkan, yang bisa merusak rencana surprise-nya. Aroma vanilla late yang kental meraung-raung saat asap-nya bertabrakan dengan udara yang terjun dari air conditioner, menggoda indera pengecap melalui sensasi aromanya yang masuk melalui lubang hidung.
            Rara mencoba menahan keseimbangan saat sebelah tangannya harus melepas pegangan nampan untuk membuka gagang pintu kamar Satya. ‘Cleekkk’….Jantungnya kian berdebar kencang, rasanya sudah ingin meledak girang, tak sabar melihat reaksi Satya saat menerima surprise pertama darinya.
            “Suuurrrrrrrrrrrrrrrrpriiiissssssssssssseeeeeeeeee!!!!!”, teriaknya, membuka pintu itu lebar-lebar dengan senyum lima jari ala cover girl era 90-an. ‘Prraaaaaaaaaaaannnng’… suara nampan yang ia jatuhkan, yang seharusnya tidak termasuk dalam list rencana surprise-nya, membuat jantungnya berhenti seketika untuk beberapa detik. Membuatnya mengambil keputusan untuk menjalankan rencana darurat yang sebenarnya dari awal tidak pernah terdaftar dalam list. Plan L’. L-a-r-i. 

(to be continue - read: Ch.VI, part.2)

No comments:

Post a Comment